Cahgankpapat Forever

.

Objek Wisata Museum Kretek

Diposting oleh cahgankpapat Selasa, 09 Juni 2009


















Museum Kretek adalah nama sebuah museum yang terletak di Kudus, Jawa Tengah. Museum kretek didirikan bertujuan untuk menunjukan bahwa kretek berkembang sangat pesat di tanah jawa khususnya di kota kudus. Di museum ini diperkenalkan mulai dari sejarah tentang kretek hingga proses produksi rokok kretek, mulai dari pembuatan secara manual sampai menggunakan teknologi modern. Museum Kretek merupakan satu-satunya museum rokok di Indonesia. Di sana juga bisa ditemukan tokoh-tokoh yang berperan besar dalam memajukan bisnis rokok di Indonesia.

Museum Kretek dibangun sebagai simbol kota Kudus sebagai Kota Kretek. Pembangunan museum ini digagas oleh Gubernur Jawa Tengah pada waktu itu, yaitu H. Soepardjo Roestam yang terinspirasi seorang tokoh bernama Niti Semito yang pada tahun 1906 mendirikan pabrik rokok dengan merek Bal Tiga. Museum ini kemudian diresmikan dan dibuka pada tanggal 3 Oktober 1986 oleh tokoh yang sama, H. Soepardjo Roestam, namun dengan jabatan yang berbeda, yaitu sebagai Menteri Dalam Negeri RI. Tujuan pembangunan Museum Kretek adalah untuk menyelamatkan dan menyajikan benda-benda koleksi yang berhubungan dengan perkembangan perusahaan rokok kretek di kota Kudus. Museum Kretek merupakan tempat untuk merekonstruksi sejarah Rokok Kretek Kudus dari era kejayaan Raja Rokok Kretek Kudus, Niti Semito, sampai dengan perkembangan industri rokok Kudus era modern sekarang ini. Jadi Museum Kretek memiliki fungsi sebagai sarana pendidikan, penelitian, dan rekreasi.

Museum yang berdiri di atas areal seluas 2 hektar ini terbilang cukup indah. Interior Museum dipenuhi dengan patung-patung dan berbagai macam perlengkapan pembuatan rokok. Patung-patung yang apik dan ornamen-ornamen lainnya buah karya seniman-seniman terpilih dari kota Kudus juga bisa dilihat di museum ini. Museum Kretek menyimpan berbagai peralatan dan mesin-mesin tradisional pembuatan rokok kretek dan rokok klobot serta sarana promosi rokok pada masa itu. Selain itu, pengunjung juga dapat mengamati foto-foto dokumentasi sejarah rokok kretek Kudus dan juga dapat mengamati “diorama” yang menggambarkan : proses produksi tradisional dengan tangan (tanpa alat bantu) dan produksi rokok giling tangan, yang menghasilkan rokok kretek dan rokok klobot; dan proses produksi rokok filter dengan mesin modern. Di samping itu ada Diorama yang menggambarkan proses penanaman dan pengolahan bahan baku rokok kretek (tembakau, cengkeh, dan klobot jagung).

Obyek Wisata Museum Kretek terletak sekitar 3 Km ke arah selatan dari pusat kota Kudus, tepatnya di Desa Getas Pejaten Kecamatan Jati Kudus.

Di kawasan Museum Kretek, tersedia lahan parkir, warung makan, taman peristirahatan, warung telekomunikasi (wartel) dan MCK/toilet.

1 Responses to Objek Wisata Museum Kretek

  1. AaGen Blog Says:
  2. Wah,...jadi ingin kesana...

     

Posting Komentar


    ShoutMix chat widget